Lompat ke konten

UKM IT Software UBBG Keluarkan Website Resmi

Fathurrahman, Mahasiswa Ilmu Komputer Universitas Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh, Melaporkan dari Banda Aceh.

Universitas BBG Banda Aceh kini telah memiliki satu Fakultas baru yakni Fakultas Sains Teknologi dan Ilmu Kesehatan (FSTIK). Fakultas ini memiliki beberapa Prodi (Program Studi) yakni Prodi Keperawatan, Kebidanan, juga Prodi Ilmu komputer menjadi salah satu bagian dari FSTIK. Prodi Ilmu Komputer ini sendiri bergerak pada pembelajaran mengenai hal hal yang berhubungan dengan komputer dan IT. Nantinya, lulusan Prodi ini diharapkan mampu menjadi salah satu programer handal yang dapat bermanfaat bagi khalayak luas. UBBG selalu memiliki wadah untuk para mahasiswanya menuangkan ide, bakat serta dapat berkreativitas. Salah satunya dengan menyediakan UKM (Unit kegiatan Mahasiswa) yang dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa untuk mempelajari hal hal baru diluar mata kuliah.

UKM menjadi salah satu organisasi yang sangat penting bagi setiap mahasiswa, selain sebagai ajang penyaluran minat dan bakat, UKM juga dapat menjadi selingan yang sangat positif dari kepenatan perkuliahan. Sebagai mahasiswa, memiliki jiwa sosial melalui berorganisasi merupakan hal yang wajib dilakukan, sehingga para mahasiswa itu sendiri bisa memiliki jaringan yang luas, kemampuan berkomunikasi yang baik, juga dapat memiliki kegiatan yang bernilai baik. Maka UKM menjadi salah satu cara bagi para mahasiswa untuk berorganisasi. UKM di lingkungan UBBG tidak membatasi mahasiswa harus memilih UKM sesuai dengan Prodinya, namun setiap mahasiswa dibebaskan mengikuti UKM apapun sesuai dengan minat yang mereka gemari, sehingga tidak ada paksaan dan nantinya para mahasiswa bisa menjalankannya dengan tenang.

Sama halnya seperti Fakultas Fakultas lainnya, FSTIK juga memiliki UKM yang dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa UBBG. Salah satu UKM yang ditawarkan FSTIK ialah UKM IT Software. UKM ini sendiri merupakan  sebuah organisasi kemahasiswaan yang bergerak pada kegiatan yang berkaitan dengan segala hal tentang Ilmu Komputer. UKM IT Software baru saja dibentuk oleh para mahasiswa Ilmu Komputer FSTIK UBBG dalam musyawarah forum. Kini, setelah UKM ini aktif berjalan, para mahasiswa telah semakin berkembang, masing-masing dari mereka telah memilih bidangnya sendiri sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

UKM Software ini memiliki beberapa bidang, yang dibagi menjadi bidang Pemograman yang berfokus pada tata cara pembuatan website, aplikasi dan situs-situs lainnya, ada pula bidang Jaringan, yang berfokus pada pembelajaran mengenai instalasi, pemasangan wifi dll. Terakhir, ada juga bidang Umum, yaitu bidang yang berfokus pada bagian desain grafis, Microsoft Office, dll.

Pada saat ini, masing-masing bidang tengah fokus dalam menjalankan tugasnya. Seperti bidang pemograman yang sedang sangat fokus membuat website resmi. Sebagai salah satu bentuk dari suksesnya UKM Software UBBG ini dapat dilihat dari website resmi yang mampu mereka keluarkan ini, yakni “Himaster” website resmi yang dibuat sebagai bentuk praktikum dalam menjadi seorang mahasiswa programer yang handal di era 4.0. Website ini dapat diakses melalui himaster.bbg.ac.id. Jika berhasil mengakses website ini, nantinya akan memudahkan mahasiswa lingkungan UBBG juga masyarakat umum untuk mengetahui segala informasi mengenai kegiatan mahasiswa Ilmu Komputer. Website ini menjadi salah satu bentuk nyata dari hasil jerih payah dan kerja keras para mahasiswa dalam mengeluarkan suatu produk, dalam hal ini produk yang dihasilkan tentunya yang berhubungan dengan ilmu IT yakni website. Pada era saat ini tentu hal-hal yang berbau IT lebih harus dikembangkan mengingat pergerakan dunia sudah semakin canggih. Untuk itu, UBBG juga akan mempersiapkan para mahasiswa dalam menghasilkan hal-hal terbaru yang berbau IT tentunya yang dapatbermanfaat.

Bidang pemograman akan terus mengembangkan website ini, bahkan baru-baru ini para mahasiswa Ilmu Komputer diberikan bekal berupa sebuah website yang dapat mengakses serta mendata segala kebutuhan suatu desa secara online, mulai dari pendataan kependudukan, pengurusan surat elektronik dan lainnya. Bidang pemograman ini dibimbing langsung oleh salah satu dosen Prodi Ilmu Komputer yaitu Nazuarsyah, ST., MT. Beliau sangat antusias dalam membimbing mahasiwa sebagai salah satu upaya melatih calon perogramer masa depan.

Tak ketinggalan, para anggota bidang jaringan baru-baru ini tengah melakukan instalasi pada komputer serta memasang aplikasi-aplikasi yang mendukung dalam proses pembelajaran programer dan desain untuk mahasiswa ilmu komputer di lab CBT yang di didampingi langsung oleh salah satu dosen Prodi Ilmu Komputer juga, Satrio Danuasmo, S. Kom., M.T. tak hanya itu, mereka juga telah memasang rangkaian server yang akan digunakan sebagai server Universitas BBG. Selanjutnya, para anggota jaringan ini juga sudah memasang kabel-kabel wifi (LAN) pada semua komputer yang ada di lab CBT.

Hal ini tentu merupakan salah satu prestasi bagi mahasiswa IT, terlebih mahasiswa luar yang bergabung kedalam UKM IT Software. Dimana mereka mampu melakukan berbagai hal yang biasanya dilakukan oleh para profesional. Tentu harus memiliki skill yang mumpuni untuk melakukan berbagai hal ini. Tidak sembarangan orang bisa melakukannya, terlebih hal-hal yang berkaitan dengan IT mengharuskan kita memiliki tingkat ketelitian yang tinggi, sehingga tidak membuat kesalahan fatal ketika melakukan berbagai pembongkaran dan pemasangan. Tentunya dengan didampingi oleh dosen yang memang telah ahli dibidang ini, para mahasiswa yang tergabung kedalam UKM IT Software kini mampu menghasilkan berbagai hal yang sangat bermanfaat seperti yang telah mereka lakukan ini.

Semua itu merupakan kegiatan yang bisa dilakukan oleh para mahasiswa UBBG yang tergabung kedalam UKM IT Software. Melalui UKM ini, diharapkan dapat kembali menghasilkan programer-programer handal yang mampu memberi keluaran terbaik bagi kampus juga Indonesia. Dengan adanya UKM, tentu menjadi salah satu hal yang sangat bernilai bagi setiap kampus. tidak hanya sebagai upaya mengisi waktu kosong mahasiswa, UKM juga dapat menjadi tempat para mahasiswa melahirkan berbagai prestasi-prestasi yang mungkin telah lama dipendam. UKM disini hadir untuk kembali mengasah kemampuan setiap mahasiswa agar dapat lebih percaya diri untuk menampilkan berbagai bakat dari diri mereka masing-masing. Beberapa UKM UBBG telah membuktikannya, seperti UKM Jurnalistik yang telah melahirkan film dan video-video berkualitas, bahkan juga turut menghasilkan mahasiswa-mahasiswa yang mampu menulis berbagai artikel yang kini telah terpublikasi. UKM Panahan yang telah membawa banyak medali, UKM Seni Tari yang telah diundang tampil pada acara acara penting di Aceh. Kini, UKM IT Software hadir sebagai wadah para mahasiswa yang tertarik dalam bidang IT untuk juga dapat berprestasi.